Reuseable Straw

Reuseable Straw

Laut menjadi hilir dari mengalirnya air permukaan, hal ini tidak akan menjadi masalah ketika air yang mengalir tidak mencemari laut. Namun faktanya, air yang bermuara ke laut tak jarang malah mencemari laut, karena kualitas air yang buruk dan juga sampah yang jumlahnya tidak sedikit. Lambat laun kondisi seperti akan membuat terganggunya ekosistem laut. Membuang sampah pada tempatnya belum menjadi budaya di lingkungan sekitar kita. Aliran sungai menjadi tempat sampah terbesar yang dimilili. Tanpa disadari sampah tersebut mengalir dan bermuara ke laut yang menyebabkan terancamnya ekosistem laut.

Dalam kejadian ini terdapat bagian dari pemerintah agar meningkatkan edukasi masyarakat berkaitan dengan pelarangan membuang sampah ke badan air juga meningkatkan pengawasannya.

Pemandangan memprihatinkan pun pernah terjadi ketika penyu terlihat tersiksa karena sedotan plastik yang menyumbat hidungnya. Sampah sedotan memang tidak memiliki nilai jual, pemulung pun tidak mengumpulkannya. Sehingga banyak sampah sedotan yang dibuang sembarangan yang berujung masuk ke badan air (sungai).

Menanggulangi sampah sedotan, reusable straw atau sedotan yang dapat digunakan kembali dapat menjadi solusi berkurangnya penggunaan sedotan. Tidak kita sadari bahwa memang sampah sedotan banyak sekali dipakai di kehidupan kita sehari-hari.

Ayo mulai bergerak, cintai lingkungan dengan mengubah pola hidup. Saat ini sudah banyak dijual sedotan reusable dari berbagai bahan. Dikutip dari website Tupperware, terdapat beberapa jenis bahan yang digunakan reuseable straw

1.    Sedotan Stainless Steel

Biasanya ada dua jenis sedotan berbahan stainless steel yang dijual : bentuk lurus dan bengkok. Sedotan ini bisa digunakan berulang kali, dan bersifat aman. Cara membersihkannya pun mudah, biasanya Anda akan mendapatkan sikat pembersih untuk satu paket pembelian sedotan. Cuci menggunakan sabun pencuci piring, lalu bilas menggunakan air panas untuk membersihkan lubang sedotan lebih bersih.

2.    Sedotan Bambu

Kalau mau menggunakan bahan yang lebih alami, sedotan bambu pilihannya. Terbuat dari bambu asli tanpa pemrosesan dan kompresi, sedotan bambu ini juga sangat aman digunakan.
Sedotan bambu mudah didapatkan, karena sebenarnya sudah cukup lama muncul di pasaran. Namun karena kampanye anti plastik kembali viral, sedotan bambu menjadi tren yang tak terpisahkan.

3.    Sedotan Acrylic

Sedotan berbahan akrilik juga bisa menjadi pilihan, apalagi bagi Anda yang unik. Karena biasanya sedotan ini tidak dijual dalam satu warna saja, namun ada yang menjual set sedotan dengan warna cantik dan beragam motif.

4.    Sedotan SIlikon

Seperti dot bayi yang menggunakan silikon, sehingga aman tidak akan merusak gigi. Bahan silikon juga tidak menghantarkan panas, sehingga aman untuk minuman hangat maupun dingin.

 

Lakukan perubahan dari hal kecil, karena hal kecil yang kalian lakukan bisa menjadi hal besar untuk orang lain juga lingkunganmu! J