Sumur Resapan

Sumur Resapan

Banjir merupakan satu masalah yang setiap tahun menghampiri saat dating musim hujan, utamanya di Kota Cimahi. Banjir yang setiap tahun nya terjadi dan selalu terulang ini apakah keadaan ini tidak ditanggulangi atau tidak tertanggulangi atau bahkan banjir berulangkali setiap tahunnya menjadi kejadian bisaa bagi masyarakat. Kejadian tersebut akan menyebabkan menurunnya kualitas air terutama yang terkandung didalam tanah. Sehingga kondisi tersebut tidak bisa didiamkan begitu saja. Perlunya kesadaran dari masyarakat itu sendiri untuk menghambat atau menanggulani agara tidak terjadi banjir terus menerus. Upaya yang dapat untuk mencari jalan keluar untu memperbaiki kualitas air tanah yang disebabkan oleh banjir dapat dimulai dari lingkungan rumah dimana kita tinggal. Salah satu cara dengan membuat sumur resapan.

Sumur resapan itu sendiri merupakan salah satu rekayasa teknik yang berbentuk sumur tetapi fungsinya untuk menampung air yang datang dari atas tanah kemudian ditampung dalam sumur resapan. Air yang masuk kedalam sumur akan ditampung yang kemudian akan diserap kedalam tanah yang ada disekitarnya secara perlahan

Bangunan sumur resapan adalah salah satu rekayasa teknik konservasi air berupa bangunan yang dibuat sedemikian rupa sehingga menyerupai bentuk sumur gali dengan kedalaman tertentu yang berfungsi sebagai tempat menampung air hujan yang jatuh di atas atap rumah atau daerah kedap air dan meresapkannya ke dalam tanah.

Sumur resapan berfungsi memberikan imbuhan air secara buatan dengan cara menginjeksikan air hujan ke dalam tanah. Sasaran lokasi adalah daerah peresapan air di kawasan budidaya, permukiman, perkantoran, pertokoan, industri, sarana dan prasarana olah raga serta fasilitas umum lainnya.

Manfaat sumur resapan adalah:

  1. Mengurangi aliran permukaan sehingga dapat mencegah/mengurangi terjadinya banjir dan genangan air.
  2. Mempertahankan dan meningkatkan tinggi permukaan air tanah.
  3. Mengurangi erosi dan sedimentasi
  4. Mengurangi / menahan intrusi air laut  bagi daerah yang berdekatan dengan kawasan pantai
  5. Mencegah penurunan tanah (land subsidance).
  6. Mengurangi konsentrasi pencemaran air tanah.