Eco Office Pemerintah Kota Cimahi

Eco Office Pemerintah Kota Cimahi

Eco Office adalah kantor peduli lingkungan yang telah mewujudkan penerapan sistem manajemen lingkungan dalam kegiatan perkantoran. Tujuannya adalah menciptakan lingkungan kantor yang bersih, indah, nyaman serta menyehatkan. 

Dinas Lingkungan Hidup melaksanakan penilaian Eco-Office pada setiap Dinas dan Organisasi Perangkat Daerah yang berada di Lingkungan Pemerintah Kota Cimahi. Indikator yang menjadi parameter penilaian dalam Eco Office ini diantaranya adalah efisiensi energi, efisiensi air, dan pengelolaan sampah, misalnya seperti pencahayaan ruangan yang tidak menggunakan lampu, tetapi memanfaatkan cahaya matahari yang masuk melalui jendela ruangan, melakukan pemilahan sampah organik dan anorganik, sirkulasi udara, adanya tanaman hidup bebas asap rokok dan aspek lainnya. Penilaian dilakukan oleh Tim dari Dinas Lingkungan Hidup.

Dinas Perdagangan Koperasi dan Perindustrian (Disdagkoperin) dinobatkan sebagai pemenang lomba Eco-Office di lingkup Pemerintah Kota Cimahi. Penilaian dilakukan selama satu pekan. Tanggal 17 September 2019 bertepatan dengan hari kesadaran nasional, penghargaan Eco-Office ini diserahkan langsung oleh Walikota Cimahi yaitu Bapak Ajay M. Priyatna kepada Disdagkoperin. Dari kegiatan ini diharapkan gaya hidup yang ramah lingkungan menjadi bagian dari rutinitas di Pemerintah Kota Cimahi.