Cimahi Barengras

Cimahi Barengras

Zero waste merupakan gaya hidup demi mendorong siklus hidup sumber daya sehingga produk-produk bisa digunakan kembali. Zero waste juga soal menjauhi single use plastic atau plastik yang hanya digunakan sekali. Tujuannya adalah agar yang dikirim ke landfill hanya sampah residu. Zerowaste tidak hanya mengenai recycle atau mendaur ulang. Penerapan zero waste itu dimulai dari Refuse, Reduce, and Reuse.

Untuk mengevaluasi gaya hidup kita dan melihat bagaimana sesuatu yang kita konsumsi bisa berdampak negatif terhadap lingkungan. Kenyamanan yang berbentuk dengan produk murah, material yang tidak bisa didaur ulang merusak kesehatan planet kita dan berkembangnya manusia dan spesies hewan di seluruh dunia. 

 

Cimahi Barengras

Akronim dari “Bareng-bareng Kurangi Sampah” merupakan ajakan pada seluruh lapisan masyarakat untuk bersama-sama peduli dan bertanggung jawab terhadap sampah yang dihasilkannya.

Barengras merupakan bentuk jamak dari Bengras yang dalam bahasa Sunda berarti terang benderang / jelas / pemandangan yang jelas dan bersih. Memiliki makna agar masyarakat di Kota Cimahi dapat menjaga lingkungan tetap bersih salahsatunya yaitu dengan menerapkan zero waste melalui program-program yang telah disosialisasikan dan dilakukan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kota Cimahi.

 

Makna Logo Cimahi Barengras

-       Logo membentuk huruf C dan B” yaitu inisial untuk Cimahi Barengras.

-       Logo Cimahi Barengras sendiri terinspirasi dari lambang Reduce-Reuse-Recycle yang tanda panahnya dimodifikasi menjadi bentuk tangkai dan daun, hal ini bermakna kepedulian terhadap alam / lingkungan hidup

-       Reduce-Reuse-Recycle merupakan salah satu kegiatan yang disosialisasikan Pemerintah Kota Cimahi kepada masyarakat agar tercipta paradigm atau budaya penanganan sampah yang baik dengan mengurangi sampah yang dihasilkan (reduce), memilih atau menggunakan barang yang biasa dipakai berkali-kali (reuse) dan mendaur ulang sampah yang dihasilkan (recycle), guna mewujudkan program Cimahi Zero Waste.

-       Elemen matahari pada loho bermakna suasana yang terang, bersih, dan sehat sekaligus mempertegas arti dari kata “Barengras”.

Mari bersama-sama kita jaga Kota Cimahi bersih dengan Zero Waste, #CIMAHIBARENGRAS #DLHCIMAHI