Zero Waste : Kumpul Tukar Tebus (KTT)

Zero Waste : Kumpul Tukar Tebus (KTT)

Program pengurangan sampah dari sumber terus berkembang dengan berbagai inovasi. Kali ini Bank Sampah Induk Kota Cimahi bekerjasama dengan Twin Tulipware yang berada di Kota Cimahi membuat program Kumpul Tukar Tebus atau disingkat KTT.

Program ini merupakan salah satu cara untuk melakukan pengelolaan sampah anorganik yang banyak dihasilkan masyarakat. Untuk mengikuti program ini, masyarakat harus menjadi nasabah Bank Sampah terlebih dahulu. Masyarakat mengumpulkan sampah anorganik dengan jenis dan jumlah yang telah ditentukan untuk mendapatkan poin, kemudian poin tersebut dapat ditukarkan untuk menebus barang yang tercantum didalam program antara lain tumbler, kotak makan, dan lain-lain dengan harga subsidi (diskon 50%). Tata cara mengikuti program KTT dapat dilihat pada Gambar 4.9.

Program ini telah berjalan selama 3 periode, masing-masing periode memiliki ketentuan dan jenis barang yang berbeda-beda. Manfaat dari program ini adalah masyarakat menjadi lebih peduli terhadap sampah anorganik yang dihasilkan karena sampah tersebut memiliki nilai ekonomis. Program KTT ini juga bertujuan untuk membiasakan masyarakat dalam menggunakan tempat minum dan tempat makan sendiri dari rumah.