Zero Waste : HO-HA

Zero Waste : HO-HA

Ketika melakukan penyuluhan tentang pemilahan sampah, sering kali kita mendengan ungkapan “Ngapain kita memilah sampah organik dan anorganik kalau akhirnya di Tempat Penampungan Sampah (TPS) sampah disatukan lagi (dicampur antara organik dan anorganik)?”. Memang hal ini kadang membuat memilah sampah terkesan menjadi sebuah kegiatan yang sia-sia.

Namun, kali pemerintah Kota Cimahi membuat program HO-HA untuk mengatasi hal tersebut. Pertanyaan selanjutnya adalah apa Itu HO-HA? HO-HA merupakan kepanjangan dari Hari Organik dan Hari Anorganik. Program ini dilakukan oleh masyarakat dalam penjadwalan pengangkutan sampah. Sesuai dengan amanat perda pengelolaan sampah, bahwa sampah yang dihasilkan di sumber sampah harus dipilah sejak dari sumber sampah, sehingga mencegah terjadinya pencampuran kembali.

Program HO-HA ini dilakukan agar masyarakat mau memilah, maka ditetapkan hari pengangkutan khusus sampah organik dan sampah anorganik secara terpisah, sebagai contoh hari pengangkutan sampah organik adalah pada hari Kamis dan hari sampah anorganik adalah hari minggu di RW. 07 Pasirkaliki. Alur program Hari Organik dan Hari Anorganik (HO-HA).