Selamat Hari Batk Nasional Tahun 2020

Selamat Hari Batk Nasional Tahun 2020

Pada tanggal 2 Oktober 2009 UNESCO (United Nation Educational, Scientific and Cultural Organization) menetapkan Batik Indonesia sebagai sebuah keseluruhan teknik, teknologi, pengembangan motif dan budaya batik sebagai karya agung warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan nonbendawi (Masterpiece of The Oral and Intangible Heritage of Humanity) yaitu pengakuan internasional bahwa batik Indonesia adalah bagian kekayaan peradaban manusia.

Batik adalah kain bergambar yang pembuatannya secara khusus dengan menuliskan atau menerakan malam pada kain itu, kemudian pengolahannya diproses dengan cara tertentu yang memiliki kekhasan. Kata batik berasal dari bahasa Jawa ambhatik, dari kata amba yang berarti lebar, luas, kain; dan titik yang berarti titik atau matik (kata kerja dalam bahasa Jawa berarti membuat titik) dan kemudian berkembang menjadi istilah batik, yang berarti menghubungkan titik-titik menjadi gambar tertentu pada kain yang luas atau lebar.

Pengakuan dunia atas batik Indonesia juga harus diikuti oleh tindakan nyata bangsa Indonesia untuk melestarikan warisan budaya seni batik.Salah satu tindakan nyata untuk membangkitkan kesadaran akan rasa memiliki batik dan melestarikannya yaitu dengan menggunakan batik pada penyelenggaraan event atau kegiatan. Selamat Hari Batik Nasional, Bangga Pakai Batik.